Tuesday, June 17, 2014

Anak bukan halangan liburan

Entah kenapa saya sebal sama orang-orang yang suka ngebandingan hidup mereka dengan kondisi saya.
Saya belum punya anak, seneng jalan-jalan.
Udah ga bisa dihitung berapakali saya mendengar ocehan " puas-puasin aja jalan-jalan mumpung belum punya anak. nanti kalau udah punya anak, susah kemana-mana ".

Ya ampuuunn... kasian banget anak-anak mereka dijadiin alasan ga bisa jalan-jalan.

Saya lebih appreciate sama orang yang bilang " semenjak punya anak, budget liburannya kudu disiapin bener-bener " dari pada kata-kata diatas itu.
Kenapa sih anak harus jadi alasan ga bisa liburan? gak bisa travelling. Masalahnya di si anak atau di biayanya? Yang jelas dong!

Kalau anak jadi alasan ga bisa liburan, percuma dong majalah-majalah selalu bikin artikel tentang travelling dengan anak, travelling dengan si kecil, bahkan travelling sambil membawa bayi.

Kalau kita liat di google, banyak  banget para backpacker yang keliling dunia sambil bawa anak. Mereka asyik-asyik aja tuh. Anak kayaknya ga jadi halangan buat jalan-jalan.

Kalau saya punya anak, saya akan menyiapkan sedemikian mungkin buat liburan dengan anak saya. Saya akan baca artikel-artikel di majalah, nanya sama orang-orang yang bisa travelling sambil bawa anak atau belajar via google. Gimana caranya menyiapkan acara travelling sama anak. Dan yang paling penting menyiapkan budgetnya dengan sebaik-baiknya.

Dua hari lalu saya baru balik dari Singapura. Dua bulan lalu saya baru balik dari Hongkong. Bulan Oktober besok saya akan travelling ke Solo-Dieng-Jogya dan bulan April 2015 saya lagi nyiapin travelling ke Singapore - Malaysia dan Thailand.

Trus mendadak berhamburan deh kata-kata soal " mumpung belum punya anak ". Haduuuuhh....

Gini yaaaaa.... saya juga baru bisa travelling sekarang ini karena baru sekarang ini saya punya budget buat travelling. Sebelumnya budget saya alokasikan untuk beli rumah dan urusan-urusan lain. Sekarang saya ngerasa, Alhamdulillah Allah kasih saya rejeki lebih, jadinya saya bisa travelling.
Kalau nanti saya punya anak, saya akan atur budget travelling saya supaya saya bisa travelling bareng anak saya.

Jadi bagi saya, anak bukan halangan buat kita bisa travelling. Halangan utamanya adalah UANG.

Kasian dong anak kita dijadiin alasan. Bukannya kita berharap bisa nyenengin anak? Kok malah mereka dijadiin alasan ga bisa seneng-seneng?

 

1 comment:

Anonymous said...

lucu juga baca tulisannya mbak...
kok imagenya rada2 emosi gitu ya mbak...?

Maaf yaa.. mungkin maksudnya temen2 mbak itu bukan 'setelah punya anak ga bisa liburan' ato 'anak jd alasan' dsb.

Saya ibu dr 2 anak yang pertama 3,5 th dan yg kedua 6 th, keluarga kami liburan minimal 1 kali setahun.
Malam2 ketika kami menginap di hotel suami saya selalu bilang "Kangen honeymoon berdua aja sama mama, munkin kalo anak2 kita udah besar2 dan udah gak papa kalo ditinggal kita bisa honeymoon lagi ya ma kayak dulu. Kita bisa ngapa2in aja.....(dst)"

lalu saya bilang sambil bercanda" iya pah, masalahnya kalo anak2 kita dah besar2 dan udah bisa ditinggal ato malah ga mau diajak lagi, kitanya yg gak kuat ngapa2in aja wkwkk..."

selintas kami menganggap itu adalah guyonan, namun dalam hati saya menyadari ada kerinduan dan kebutuhan suami untuk diperlakukan sebagai suami dan kekasih hati, bukan hanya sebagai ayah yang sibuk menggendong dan mengajak bercanda anak2nya selama liburan. Bagaimanapun, suami saya adalah laki2 yang masih membutuhkan perhatian khusus, tidak mengada2 mba, hanya seperti menggandeng tangannya ketika berjalan berdua, berpelukan berdua, dan hal2 yang sering di lakukan waktu pacaran dulu.

Mungkin jika dilakukan setiap hari akan bosan juga dan tidak terasa istimewa, namun bagi kami yang sibuk seharian bekerja dan malam menghabiskan waktu memastikan bahwa anak2 dapatkan quality time dg orang tuanya,

memang kadang iri juga liat pasangan suami istri yg bebas melakukan travelling berdua hingga sering juga mengeluarkan statement spt mbak contohkan "mumpung..." namun mbak sudah tau ya bahwa ini hanyak luapan hati seorang istri ato suami saja tanpa sedikitpun mengaggap anak dan uang adalah beban.

Maaf sebelumnya sekedar sharing aja