Wednesday, December 8, 2010

Kemajuan jaman

Saya ga pernah bosan membahas soal kemajuan jaman. Ada internetnya, ada pembangunan dimana-mana (mall lagi... mall lagi). Saya pun ikut dalam perkembangan jaman sekarang ini. Sebut saja saya punya BB. Saya bukan orang yang mengikuti teknologi atau orang yang gagap teknologi amat. 50% : 50% deh. BB saya juga bukan BB yang paling canggih di typenya. Masuk di barisan paling bawah malah hehehe... cuma saya memakai fungsinya. Minimal bisa BBM-an, check FB, Twitter, 4Sq, bisa browsing pada saat saya perlu, buka email, cukup buat saya.
Soalnya ada teman saya yang memakai BB canggih dikelasnya tapi cuma buat BBM-an dan FB-an doang.

Kemajuan jaman membuat jarak yang jauh jadi dekat. Seperti saya dan teman saya di Venezuela jam terpisah oleh jarak ribuan kilometer dan perbedaan waktu hampir 12 jam. Tapi kami tetap bisa bercakap-cakap melalui Yahoo Messenger (saya pagi hari, dia malam hari atau sebaliknya).

Lucunya kemajuan jaman bisa membuat teman saya yang ada di nun jauh di belahan dunia sana bisa tau apa yang saya lakukan kemarin. " Tan, enak ya soto kudus itu? pengen deh nyoba kalo gue mudik " kata teman saya di Milan. Heee....??? kok dia tahu saya makan soto kudus. Oh ternyata dia melihat dari check-in saya (4Sq) di warung soto kudus tersebut. Pantas aja....

Tapi kemajuan jaman sering kali membuat orang jadi 'celamitan' (apa ya bahasanya???). Maksudnya gini, saya ga pernah urusan liat status teman saya, check in2nya dia di 4Sq atau isi UberTwitternya. Maksudnya, itu hidupnya, suka-suka dia aja yang ngejalaninnya. Silahkan aja....
Makanya ada aja yang kesal kalau tiba-tiba ada yg bilang " bete deh, kenapa sih ada orang yang ngurusin gue kesana-sini, status-status gue atau check in-an gue? " Hmmm......

Kemajuan jaman mungkin membuat kita harus lebih hati-hati dalam bertindak. Menaruh status, memberitahukan lokasi (lewat 4Sq) harus lebih bijaksana lagi. Kalau orang lain banyak yang celamitan sama status/check-in-an kita. Bukankah sebaiknya kita juga harus lebih hati-hati menaruh status dan memberitahukan posisi kita???

No comments: