Thursday, December 13, 2012

Arisan

Siapa sih yang ga pernah ikutan arisan? Seumur-umur, saya pernah beberapa kali ikutan arisan.
Arisan pertama saya sekitar tahun 2001 dikantor lama. Lalu pernah ikutan arisan bareng temen-temen kuliah, temen SMP tapi semuanya engga berlanjut lama.
Arisan paling lama yang saya ikutin adalah arisan di RT. Arisan ini udah saya ikutin dari sejak pertama kali pindah kerumah saya ini (tahun 2005).
Maksud awalnya ikut arisan supaya kenal dengan warga (terutama para ibu-ibu). Sekalian bersilaturahmi. Mengingat waktu itu saya masih kerja dan kalau harus silaturahmi satu persatu kerumah tetangga kayaknya ribet. Maka dari itu, saya pilih ikut arisan aja.

Lewat arisan saya jadi lebih mudah mengenal para ibu-ibu warga RT tempat saya tinggal. Walaupun status saya paling kecil usianya tapi tidak sulit bagi saya berbaur.

Setelah lama ikut arisan RT, saya jadi makin mudah berinteraksi dengan warga lain. Kalau ada yang bikin acara keriaan, saya pasti diundang. Kalau ada yang meninggal saya bisa ikut serta membantu.

Yang paling seneng dulu waktu masih kerja adalah, saya suka minta titip jagain rumah ke para tetangga. Dan dengan senang hati mereka mau. Untungnya saya kenal dengan mereka. Coba kalau saya cuek-cuek aja ga mau berinteraksi dengan tetangga, mungkin kalau saya mintain tolong, mereka juga cuek-cuek juga.

Jadi kalau ada yang bilang arisan RT buang-buang waktu, saya sih ga ngerasa begitu. Toh rutinitas arisannya cuma 1x sebulan. Waktunya paling-paling 2 jam. Ga susah kan? Sesibuk-sibuknya kita, masa sih ga bisa ngeluangin waktu sebentar aja? Kalau emang sibuk banget, saya juga sering skip arisan. Atau datang sebentar kasih uang trus pergi lagi (kalau harus pergi). Kalau ga ada apa-apa, saya ikut acara arisan tersebut hingga selesai.

Kalau harus ketempatan juga ga ribet. Mungkin saya pada dasarnya bukan orang yang suka membuat segala sesuatunya jadi ribet, saya sih happy-happy aja kalau ketempatan arisan. 

Jadi bagi saya arisan RT adalah salah satu sarana silaturahmi yang paling efektif untuk bersosialisasi dengan lingkungan kita. 

No comments: