Wednesday, March 17, 2010

Kursus Mambuat Kue

Ceritanya saya mengisi liburan Nyepi dengan mengikuti kursus membuat kue. Hubby sih seperti biasa selalu mendukung. Apalagi pas saya bilang " kalo udah ikut kursus, ovennya jadi dibeliin ya? ". Hubby mengangguk " Beres!! ". Sip-sip-sip. Saya jadi makin semangat ikut kursus.

Hari Rabu saya bangun pagi, mandi dan sarapan lalu berangkat kursus. Ga bawa apa-apa, cuma bawa pulpen aja. Soalnya saya emang ga punya peralatan membuat kue. Belum, maksudnya! Hehehe

Sampai ditempat kursus, parkir mobil lalu menuju kelasnya. Pesertanya cuma 6 orang. Dan seperti biasa saya yang paling muda. Lima peserta yang lain para ibu. Rata-rata sih udah mulai mengerti soal perkue-an. Sementara saya blank sama sekali. Makanya saya masih agak-agak bingung waktu ada istilah, sponge cake, butter cake, cotton cake atau soal margarine dan mentega. Tapi senengnya, saya bisa nyobain memasak kue sendiri (walopun asistennya segerobak). Selain praktek ada juga teorinya. Serulaaah... apalagi buat pemula yang buta sama sekali soal kue seperti saya. Soalnya saya kan cuma tau makannya aja :D

Tapi ada juga yang bikin kesal, selain karena paling muda kayanya saya emang bener-bener ga ada persiapan apa-apa. Waktu ditanyain soal loyang cake. Saya bilang ga punya. Waktu saya salah ngebedain antara loyang cupcake atau loyang muffin, saya bilang " saya ga punya keduanya ".

Sebelnya lagi ada ibu-ibu yang katanya udah menerima pesanan kue, tapi tetap ikut kursus kemarin. Yang bikin dongkol, ibu ini selalu memotong penjelasan dari pengajarnya. Misalnya soal memasukkan mentega paling akhir pada adonan. Ibu itu yang menjelaskan lebih lanjut. Soal oven, ibu itu cerita soal oven yang dia pake dirumah. Atau soal pesanan kuenya " Hari ini aja saya ada pesanan 10 loyang lhoooo ".
Ga papa sih kalo masih mau belajar, tapi jangan mengganggu dong. Apalagi buat yang masih buta kaya saya. Terganggu banget jadinya.

Trus waktu saya ditanya pake oven apa dirumah. Walaaahh.... boro-boro, ovennya belum dibeli. Tapi bu gurunya bilang " ga papa belajar dulu, nanti udah tau apa aja yang harus dibeli " Saya juga baru sadar kalo mau serius menjadi tukang kue, butuh modal yang lumayan besar untuk investasi loyang, mixer, oven dan segala pernak-pernik membuat kue lainnya.

Belum tau sih apakah saya akan serius bikin kue. Tapi bukan berarti suatu hari nanti saya bisa bikin kue tart dengan tangan saya sendiri. Amiiiinn *doa yang kenceng*

No comments: