Friday, October 12, 2012

Korea

Sekarang ini orang-orang lagi kecanduan hal-hal yang berbau Korea. Demikian juga saya.
Tapi saya bukan kecanduan serial-serialnya, bukan pula kecanduan grup musiknya, bahkan bukan kecanduan cowo-cowonya yang dimata saya terlihat 'cantik'. Bukaaaannn.....

Saya kecanduan makanannya.

Sebenarnya saya belum terlalu banyak merasakan masakan Korea ini. Baru beberapa kali saja. Dibandingkan masakan Cina atau Thailand yang udah berkali-kali saya akan. Saya udah bisa menyebut masakan-masakan Cina atau Thailand mana saja yang merupakan favorit saya.

Saya baru mengenal masakan Korea ini beberapa bulan lalu. Awalnya dari TV. Entah kenapa masakan-masakan Korea yang ditayangkan di TV membuat liur saya menetes. Kayaknya enaaaakk banget. Awalnya saya menonton acara yang disiarkan di Natgeo Adventure berjudul Kimchi Chronicle. Acara ini mengisahkan tentang seorang wanita bernama Marja yang merupakan keturunan Amerika - Korea yang mudik ke kampung halamannya di Korea Selatan dan melakukan wisata kuliner keliling Korea Selatan. Tiap masakan yang dia makan rasanya gimanaaa gitu. Mulai dari Kimchi, segala macam sup-sup hingga aneka barbekyu.
Lalu cerita dari teman saya menambah rasa penasaran saya pada masakan Korea ini.

Teman saya cerita dia pernah hampir 2 bulan tinggal di Korea Selatan untuk mengerjakan sebuah project. Awalnya, rekan Koreanya yang datang ke Jakarta. Dia bilang, si orang Korea ini wajahnya liciiiinnn banget tanpa polesan make up. Pokoknya bersih. Karena penasaran dia tanya ke rekannya itu : jawabannya adalah makanan Korea yang bikin mereka sehat. Waktu akhirnya dia berkesempatan di kirim ke Korea dia bilang ke temannya itu. Pokoknya bikin saya sehat yaaaa.... tentu dengan catatan bahwa teman saya tidak makan babi dan makanan haram lainnya dan tidak minum minuman keras.

Sampai d Korea dia dikasih makan Kimchi. Pagi-Siang-Sore-Malam makan Kimchi. Selain itu ada juga Kimchi yang di taruh didalam rebusan sup. Lalu ada juga makanan yang memakai sistem fengshui. Pokoknya selama ga pakai bahan yang diharamkan, teman saya makan. Sepulang dari Korea banyak perubahan. Biasanya kalau pergi keluar negeri makanan tidak terkontrol, tapi tidak terjadi selama ia di Korea. Dia merasa sehat, berat badan stabil dan kulit terasa sehat. Sayangnya begitu pulang makanannya sembarangan lagi. Agak susah menemukan makanan Korea di Jakarta karena belum begitu popular dan biasanya harganya agak mahal.

Suatu ketika saya berkesempatan makan makanan Korea bareng hubby. Kimchi yang kalau diliat di TV rasanya segar dan menggugah selera ternyata rasanya anyep aja. Apa beda ya rasa Kimchi Korea dengan Kimchi yang dibuat di Indonesia?

Intinya walaupun belum menemukan restaurant Korea yang paling pas. Sekarang saya lagi kecanduan nonton acara yang membahas tentang makanan Korea. Salah satunya juga adalah di channel LI (Live Inspired) judulnya Korea, Country of Great Tastes. Rasanya masakan yang ditampilkan diacara tersebut benar-benar membuat liur menetes....




No comments: