Friday, July 2, 2010

Persaingan

Suka sadar ga sih kalau dari kecil kita udah hidup dalam persaingan?
Waktu kita baru lahir, sudah ada persaingan. " Kok bayinya kecil amat sih bayi saya beratnya normal tuh? " atau " Itu bayinya gede amat? masak baru lahir udah obesitas? pasti ibunya diabetes deh ".

Waktu kita mulai besar, urusan gigi yang terlambat tumbuh atau soal telat belajar jalan aja jadi obyek persaingan. " Kok udah umur segitu masih belum bisa jalan? anak saya cepet loooh... sekarang malah udah bisa lari ". Trus soal minum susu dibotol, soal makanan, soal tidur siang. Itu belum dalam masa sekolah loh.

Dalam masa sekolah, persaingan menjadi lebih kejam lagi. Dari urusan pelajaran, nilai ulangan, bikin PR, nilai raport, kerapihan buku catatan atau urusan diluar urusan sekolah tersebut seperti sepatu bermerk, tas sekolah, masa liburan, uang jajan dan hal-hal lainnya. Kalau dulu persaingan hanya milik orang tua atau keluarga saja. Dimasa sekolah ini persaingan menjadi 'hak' semua orang. Sebut aja, teman, orang tua, orang tua teman bahkan guru. Semua orang boleh menjadi hakim, atau juri dalam lomba persaingan ini. Tanpa kita sadari kita pernah menjadi bagian dari persaingan itu sendiri.

Masuk dunia kerja persaingan akan lebih dahsyat lagi. Kadang-kadang malah bisa menelan korban. Menjilat, dijilat, memfitnah menjadi asesoris utama dalam persaingan ini. Korban yang jatuh beraneka ragam. Dari yang cuma diam saja sampe ada yang memutuskan keluar dari pekerjaannya akibat engga tahan berada dalam lingkungan tersebut.

Persaingan memang hal lumrah yang terjadi didunia ini. Namanya juga orang hidup pasti ada persaingan. Ada yang bilang juga kalau persaingan membuat kita fokus dalam menjalani hidup, ini buat persaingan positif yaaa.... misalnya kita fokus mau meraih juara kelas disemester ini. Pastinya kita akan belajar mati-matian untuk meraihnya. Fokus mau meraih gelar pegawai teladan, pasti kita akan kerja mati-matian untuk meraihnya.

Tapi pernah tahu ga kalau persaingan itu bisa melahirkan trauma? apalagi buat para anak yang sejak kecil sudah dibanding-bandingkan dengan anak lain? Misalnya gini :

Waktu kecil misalnya dia susah makan, disuruh makan aja sampe setengah mati nyuruhnya :
" kamu gimana sih? disuruh makan aja susah. Liat tuh si Anu pinter. Makannya gampang, makan sayurnya banyak, makanya dia jadi pinter ".

Lalu si anak ga bisa naik sepeda :
" Masak naik sepeda aja ga bisa sih? si Anu tuh udah pinter naik sepeda. Makanya kamu makan yang banyak biar pinter naik sepeda "

Trus si anak ga bisa berhitung :
" Masak kamu ga bisa menghitung perkalian 1 sampai 10 sih? tuh si Anu udah bisa sampai perkalian 12. Kamu naik sepeda aja ga bisa, apa lagi ngitung perkalian "

Terus berlanjut hingga dewasa, saat si anak cuma masuk kuliah dengan jurusan yang standar.
" Tau ga, si Anu kuliahnya udah jurusan Teknik Fisika, udah selesai S2nya. Sekarang dia lagi ngambil S3. Trus sekarang aja di udah diminta banyak perusahaan top lho. Gak kayak kamu kuliahnya begitu-begitu aja ".

Pernah ngerasa ga kalo ada yang tertekan disini? Sadar ga kalau persaingan tersebut bisa menimbulkan trauma? Saya juga baru tahu ini setelah saya membaca sebuah artikel tentang persaingan ini. Saya jadi sadar kadangkala saya melakukan itu pada keponakan saya atau siapapun mereka. Susah makan, susah minum susu, susah tidur siang, gak mau belajar, maunya main PS terus pasti saya bilang itu. Duh jadi ngerasa bersalah.

Jadi para orang tua, calon orang tua dan siapapun yang membaca ini. Berilah nasehat yang baik pada anak dan jangan sampai menimbulkan trauma pada mereka dikemudian hari :)

No comments: