Thursday, July 1, 2010

Males apa emang ga bisa???

Saya sebal sama orang yang belum apa-apa udah bilang " ga bisa!! " atau begitu ditawarin kerjaan sesuatu langsung bilang " males!! ". Gemes banget rasanya.
Beberapa hari belakangan ini saya sering berhadapan dengan orang-orang macam begini.

Dasarnya saya berusaha ringan tangan membantu. Tapi kok yang dibantu malah keenakan ya? ibaratnya dikasih hati minta jantung. Ditolong abis-abisan malah memanfaatkan keadaannya.

Ga bisa sama males cuma dibatasi niat. Walopun ga bisa tapi niatnya masih mau belajar, suatu hari pasti bisa. Gak mungkin dong kita ga bisa terus, masak ga ada perubahan? Suatu hari pasti bisa, dan saya yakin itu.
Kalau males, ini udah berat banget. Saya juga udah ga mau ngapa-ngapain kalo rasa males udah menyerang semua pembuluh darah saya. Maunya tiduran aja ditempat tidur ditemani AC yang dingin dan remote TV. Mau makan aja males. Untung Tuhan masih menciptakan rasa lapar sehingga mau gak mau saya terpaksa mengangkat badan saya dari tempat tidur dan mencari makanan kedapur. Coba kalo engga? bisa-bisa saya seharian aja di tempat tidur.

Nah balik lagi kemasalah saya saat ini, saya memberikan bantuan kepada seseorang. Awalnya dia memang minta dibantu, maka saya bantu dia. Tapi kok lama-lama jadi saya yang sibuk ya? sementara dia? asyik-asyik aja ngurusin urusannya yang ga berhubungan dengan sesuatu yang kita sedang kerjakan berdua. Huh! saya jadi sebal!

Lalu pelan-pelan saya bertanya pada dia, dan mulai memberitahunya apa-apa yang sudah saya kerjakan. Maksudnya biar dia juga tahu apa yang sudah saya kerjakan dan dia jangan cuma diam saja.

Tapi jawaban yang saya terima " ah, elu aja deh. GUE GA BISA ". Lalu kembali saya memberitahunya pelan-pelan. Kalau dia ga bisa, saya akan membantunya. Membuat tulisannya, mengirim ke emailnya, sehingga tulisannya tersebut hanya tinggal dia copy-paste saja. Tapi jawaban yang saya terima dari dia, " gak mau ah, GUE MALES!! ".
AHA!! Jadi judulnya dia MALES dan bukan GAK BISA.

Memang sih, gak bisa dan males hanya dibatasi oleh sebuah garis tipis bernama niat. Sekarang pilihannya, kamu itu gak bisa atau memang malas??


No comments: