Thursday, April 14, 2011

Minum Air Putih

Seorang sepupu kena penyakit radang usut berat awalnya simple, karena dia jarang banget minum air putih. Sepupu saya penggemar berat kopi. Kopi item pula! Katanya kalau ga minum kopi item ga berasa minum kopi. Dan minum kopi item ini bisa dilakukan sampai 3-4 kali looh... Kalau malemnya nongkrong sama teman-temannya, dia minum kopi lagi. Tapi ga kopi item, melainkan kopi yang disajikan di warung kopi tersebut.

Saya juga adalah mantan penggemar berat kopi. Walaupun bukan kopi item seperti sepupu saya. Tapi saya suka banget sama kopi Kapal Api plus creamer. Rasanya lebih pas dibandingkan kopi instant lainnya. Dulu saya bisa minum 3-4 cangkir tiap hari. Sekarang, semuanya berhenti. Saya minum kopi hanya saat weekend aja. Itupun belum tentu, kadangkala saya minum teh. Artinya minum kopinya malah engga. Alhamdulillah biasa aja.

Dokter kandungan saya adalah orang yang berjasa menyuruh saya mengurangi minum kopi. Mengurangi bukan berhenti demikian katanya. Waktu dia menyuruh saya mengurangi kopi lalu beliau melihat muka saya langsung tanpa ekspresi :))
Semua kata-kata saya soal nanti pusing, nanti kepala saya nyut-nyutan dan alasan-alasan lainnya langsung dibantah habis-habisan sama dokter kandungan saya.
Akhirnya saya berniat mengurangi minum kopi dengan niat pengen hamil. Awalnya berat, ada yang kurang kalau saya ga ngopi. Dari 3-4 kali sehari menjadi 1 cangkir sehari. Lalu menjadi 2 hari sekali sampai akhirnya saya hanya ngopi seminggu sekali. Malah sekarang bisa tuh ga ngopi sebulan.
Dan ternyata saya ga apa-apa. Pusing-pusing yang saya rasakan hanya terjadi diawal saja. Setelah itu semuanya normal kembali.

Sebagai gantinya saya banyak minum air putih. Minum air putih sempat jadi resolusi saya ditahun 2008. Waktu itu selain kopi saya kecanduan teh botol, minuman soda, dll. Sekarang saya berusaha banyak minum air putih tiap hari. Malah mamah mertua saya menganjurkan menjauhi air putih dan minum banyak air putih kalau temperatur kita sedikit lebih tinggi dari biasanya. " Banyak minum air putih trus banyak buang air kecil, sekalian ngebuang penyakitnya ".

Saya juga meminum air putih setiap kali bangun tidur tiap pagi. Ini memudahkan urusan BAB. Jadi kalau mau hidup sehat sebenarnya simple aja. Dimulai dari 8 gelas air putih tiap hari. Itu aja kok!

No comments: