Wednesday, July 2, 2008

diskusi

Saya baru saja berdiskusi dengan teman. Seorang teman yang paling expert soal penjualan, juga saya dan seorang teman yang lain yang notabene adalah pekerja kantoran yang tidak punya pengalaman sales. Yup, diskusi soal pekerjaan seperti ini yang kita sukai, santai, terbuka, bisa ngeluarin unek-unek. Kadangkala juga diskusi seperti ini bisa menghasilkan sebuah solusi baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Karena pikiran kita sudah terperangkap oleh sistem yang sudah berjalan selama ini.
Tapi sistem yang berjalan ini seringkali kurang bisa diterima. Tanpa disadari ada pihak-pihak yang jadi dirugikan oleh sistem yang berjalan, tapi mereka tidak tahu harus bicara kemana.

Obrolan kami menjadi asyik. Lalu....
Tanpa sadar kami berdiskusi hampir satu jam. Lalu teman yang expert ini bilang " gue ga sangka kalian berdua bisa mengerti soal sales ini sampai sedalam itu ".
Hmmm..... kadangkala juga solusi yang dihasilkan dalam sebuah diskusi, justru dikemukakan oleh seorang yang bukan expert disuatu bidang. Mereka bisa mengemukakan solusi hanya berdasarkan caranya memandang suatu masalah dari luar saja, tanpa perlu tercebur kedalamnya. Tapi toh mereka tetap bisa memberikan solusi masalah tersebut.

Kata kata teman saya yang sama-sama ga expert dibidang sales, " kita datang memberi solusi bukan dari kacamata sales, tapi dari kacamata kita sebagai ibu rumah tangga "

No comments: