Thursday, July 24, 2008

Masalah berkomunikasi

Kata Addy dua hari yang lalu. Kata dia saya punya masalah dalam berkomunikasi, terutama dalam penyampaian sesuatu. Dia bilang " kamu tuh penyampaiannya cenderung memaksakan, keras dan berulang - ulang sampai lawan bicara kamu ngikutin apa yang kamu mau! kan belum tentu semua orang isi kepalanya sama "

Lalu saya diam. Emang sampe segitunya yah saya?

Trus saya janji mau ngerubah kebiasaan buruk saya ini. Tapi ternyata susah!
Baru dua hari saya mencoba 'gaya berkomunikasi' yang baru nyatanya saya tidak bisa beradaptasi dengan gaya tersebut. Saya mau seperti biasaaaaaaaaaaaaaaaa.......

Saya mengurangi pemaksaan, mengecilkan suara dan berusaha tidak mengulang-ulang suatu kata. Tapi tanpa saya sadari banyak teman - teman saya yang juga bermasalah dalam komunikasi. Waktu saya memakai gaya baru ini, saya malah merasa terintimidasi oleh teman saya dengan gaya bicaranya yang keras. Saat saya berusaha tidak mengulang-ulang suatu hal, teman saya yang lain malah nanya melulu sama saya. Huh pusing!
Waktu saya berusaha tidak memaksakan sesuatu, teman saya malah menekan saya dengan paksaan.

Jadi harus gimana dong?

No comments: