Thursday, August 18, 2011

Tata Tertib Nonton Bioskop

Bukankah tiap kali sebelum film diputar, tiap bioskop pasti memberi tahukan tata tertib menonton bioskop??? Misalnya : matikan HP sepanjang film berlangsung, jangan berisik hingga dilarang menaruh kaki dikursi didepan kita??

Kenapa peraturan sederhana tersebut susah sekali dituruti?? Apabila peraturan kecil macam itu tidak bisa kita jalani, bagaimana dengan peraturan-peraturan lain yang lebih sulit?

Buat saya yang biasanya ga pernah punya masalah nonton dimana aja. Tapi entah kenapa saat saya nonton tiga film dibawah ini banyak sebalnya. Bukan sama filmnya. Tapi sama penontonnya.

Waktu nonton Transformers, saya yang duduk di bangku persis disebelah tangga, terganggu dengan seorang anak kecil yang selama film berlangsung sibuk berlarian turun naik tangga. Sepertinya si anak cukup bosan dengan film yang kurang bisa dia mengerti. Tapi orang tua atau kakaknya yang mengajaknya menonton tetap asyik menonton, walaupun si anak kecil tersebut berlarian bolak-balik naik turun tangga. Dan sedikit mengganggu kami par
a penonton lainnya dengan suara ketukan sepatunya di anak tangga. Buk...buk... buk... pelan memang, tapi kalau sampai harus mendengar terus menerus? apa engga terganggu juga namanya???

Harry Potter. Saya nonton Harry Potter hari Selasa malam. Yang bikin saya merasa terganggu adalah ada salah seorang yang kebetulan sedang batuk, berkali-kali batuk sepanjang film. Selesai sampai disitu?? belum! Batuknya si orang itu memancing 'batuk-batuk' lainnya. Yaaahhh..... ada batuk-batuk bersuara kecil bermunculan tiap kali orang tersebut batuk. Jadi kalau ada batuk bersuara besar muncul, lalu akan disambung dengan batuk-batuk kecil dari sepanjang sudut studio. Setelah lima-enam kali batuk barulah berhenti. Lucunya lagi, ada batuk kecil yang terhenti batuknya karena ada orang tuanya yang berteriak Sssttttt......!!!! Paham kan maksud saya??? yang dimaksud batuk kecil adalah, para anak-anak kecil sesama penonton bioskop juga.

Kung Fu Panda. Yang ini lebih seru lagi. Namanya juga film anak-anak, sudah pasti studio penuh dengan anak-anak. Tapi mbok yaaaa.... para orang tua yang mengajak anakmya menonton. Tolong nasehati anak-anak anda, bukan hanya anda dan keluarga anda yang menonton film. Tapi ada penonton lainnya yang juga ingin menonton dengan tenang. Jadi kalau anak anda sudah mulai teriak-teriak dari mulai sendalnya ketendang ke kolong kursi, soal rebutan pop corn dengan teman/saudaranya yang lain, minta minum Cocacola, berteriak hanya karena kedinginan, si anak bosan karena film yang tidak kunjung selesai atau hanya sekedar ingin teriak-teriak saja toloooooonngg... ingatkan mereka!!!!!!!

Saya memang belum memiliki anak, tetapi saya banyak belajar dari 3 kejadian diatas. Bahwa kita hendaknya lebih hati-hati apabila kita mengajak anak menonton film. Terlebih lagi menonton di bioskop dengan suasana yang gelap, film yang lumayan panjang untuk ukuran anak kecil hingga ruangan studio yang dingin. Ada anak yang memang betah dan menikmati tiap menit menonton film tersebut. Tetapi banyak anak yang tidak betah untuk dipaksa duduk lama. Sebagus apapun filmnya, kalau si anak sudah tidak nyaman tetap saja dia akan ribut ujung-ujungnya.

Belum lagi orang tua yang tidak bisa memilih-milih mana film yang bisa mengajak anak kecil nonton bersama, misalnya seperti Transformers 3 diatas. Biar bicara soal film robot, tapi belum tentu anak kita mau dan betah menontonnya. Nonton Kung Fu Panda saja gak betah, apalagi Transformer atau Harry Potter.
Kalau anda ingin membawa rombongan anak-anak untuk menonton film, ingatkan untuk tidak berisik sepanjang film berlangsung. Tawarkan apakah si anak ingin pipis dulu sebelum masuk studio, jadi kami para penonton yang lain tidak perlu mendengar teriakan " mau pipis " hingga 4 kali berturut-turut. Bagikan snack sama rata agar tidak ada teriakan saling berebut selama film berlangsung. Terakhir tips apabila anda mau mengajak nonton sepasukan anak-anak, bawalah pasukan pendukung yang cukup. Jangan hanya 2-3 orang dewasa harus menjaga 12 orang anak.

Terakhir yang mau saya bahas adalah soal mematikan HP selama film berlangsung. Susah banget ya melakukan hal tersebut? Kalau anda sedang menunggu telpon penting dari seseorang, lebih baik anda jangan menonton film. Menonton film membutuhkan suasana tenang. Gangguan-gangguan kecil macam suara alert SMS hingga alert di BBM kalau bisa dimatikan dulu. Bukankah ada fitur silent di BB/telpon anda?? Bukan cuma suara dari BB/telpon anda yang mengganggu penonton lain. Tapi lampu dari layar HP/BB anda yang demikian terang apalagi apabila menyala didalam studio bioskop yang gelap pasti sangat mengganggu. Saya contohnya tadi sewaktu nonton Kung Fu Panda. Mendadak mbak-mbak disebelah saya mendapat telpon, dan lampu yang menyala dari layar telponnya mengganggu mata saya. Belum lagi saya 'terpaksa' harus mendengarkan si mbak bercakap-cakap dengan lawan bicaranya selama beberapa saat. Harap dimaklumi juga kami berada didalam studio bioskop, si mbak tidak bisa bicara agak keras, akibatnya beberapa kali dia terpaksa harus bersuara keras dan mengulang-ulang pembicaraannya berkali-kali. Haduuuuhh.......

Jadi toloooooooonng buat yang mau nonton. Baca, perhatikan dan turuti tata tertib yang ditulis dilayar bioskop sebelum film diputar yaaaa.........

No comments: