Thursday, January 12, 2012

Tebet dan Bintaro

Saya menjadi warga Bintaro sejak bulan January 1987. Jadi sudah 25 tahun saya tinggal di Bintaro sejak kami meninggalkan Tebet.

Ceritanya beberapa waktu lalu saya jalan-jalan ke Tebet. Dan saya kaget banget, Tebet udah maju dan rame banget. Banyak kafe kecil-kecil didekat sekolah saya SMP 115 dulu. Pasar andalan saya waktu kecil, pasar PSPT juga udah berubah banget. Bakmi Berdikari udah bukan warung tenda kaya dulu.

Waktu saya ninggalin Tebet ada sedihnya juga. Karena saya meninggalkan teman-teman saya. Dan 25 tahun lalu Bintaro belum seperti sekarang. Dulu jam 7 malem, Bintaro rasanya udah sepiiiiii banget. Malah masih ada suara jangkriknya. Beda sama Tebet.
Dulu kalau misalnya ga punya buku gambar, mesti beli penggaris atau urusan sekolah lainnya. Saya tinggal jalan kaki ke Pasar PSPT ini. Tebet masih ramai dan sepertinya tidak tidak pernah tertidur walaupun malam sudah datang.

Lalu pelan-pelan Bintaro pun mulai berkembang. Dibanding 25 tahun lalu, memang sudah banyak banget perkembangan di Bintaro tempat saya tinggal. Bintaro juga tidak sepi lagi seperti dulu. Kalau dulu banyak yang bilang, Bintaro seperti tempat jin buang anak, saking sepinya. Sekarang tidak.

Buat saya Bintaro tidak jauh lagi seperti dulu, karena banyak wilayah lain yang lebih jauh dari Bintaro mulai berkembang. Misalnya Serpong atau Karawaci. Kendaraan umum pun sudah 24 jam melintasi kawasan rumah saya. Sepertinya Bintaro sekarang tidak pernah tidur.

Waktu saya berkunjung ke Tebet, rasanya pengen melihat rumah kami dulu. Tapi lucunya saya sudah tidak merasa homey lagi di Tebet. Mungkin karena sudah lama sekali meninggalkan Tebet. Tapi memang banyak sekali kenangan saya di Tebet ini. Makanya waktu jalan-jalan ke Tebet kemarin saya jadi sangat norak.

Bukan apa-apa, saya bisa dibilang jarang sekali berkunjung ke Tebet ini. Hanya karena ada kesempatan tertentu saja saya bisa berkunjung ke Tebet. Bukan seperti Blok M yang bisa saya lintasi setiap saat. Tetapi tetap saja, tiap kali berkunjung ke Tebet pasti ada kenangannya. Bagaimanapun, saya pernah menjadi warga Tebet bahkan pernah bersekolah di Tebet hingga bangku SMP.

No comments: