Tuesday, September 14, 2010

Lebaran #2 makanan enaknya

Buat saya dan beberapa orang lainnya, lebaran bisa dianggap sebagai perbaikan gizi. Ketupat dengan teman-temannya yang beraneka ragam dan rasanya lezat. Bukan cuma ditemani opor ayam, sambal goreng ati atau rendang saja. Tapi ada juga tauco kacang panjang, atau tauco Medan yang pedas, semur lidah, kering kentang, udang goreng balado khas padang dan berbagai macam lauk lainnya.

Itu baru lauk, bagaimana dengan snacknya??

Lupakan kue standar macam nastar, kaastengel hingga putri salju. Favorit saya adalah mesubah atau kue khas dari Palembang. Kue yang sekilas hampir mirip kue lapis legit ini rasanya luar biasa enak dan sangat manis. Konon katanya kue ini dibuat hanya dengan sedikit tepung terigu dengan banyak gula, banyak susu kental manis dan banyak telur lalu dioven selama 6 jam. Berhubung salah seorang tante saya adalah orang Palembang, kue ini tidak pernah ketinggalan meramaikan bursa makanan enak saat lebaran dikeluarga saya.

Dulu waktu alm bude saya masih ada, setiap hari lebaran ke-2 kami selalu berkunjung dan berkumpul dirumahnya. Tidak seperti yang lainnya bude saya malah menyajikan rawon lengkap dengan sambal hasil ulekan tangannya yang pedas dan mantap. Cocok untuk orang yang sudah jenuh makan ketupat. Belum lagi dengan bacem tempe/tahunya lalu lalabannya. Puaskaaann??

Berhubung bude saya sudah meninggal, acara open house dipindahkan kerumah orang tua saya. Tahun ini mama saya menyajikan bakso sebagai alternatif ketupat. Itu terbukti sukses, buktinya baksonya lebih laris daripada ketupat. Bahkan salah seorang sepupu saya makan hingga 4 mangkok!!!

Jadi ga salah kalo saya bilang lebaran juga bisa dibilang sebagai salah satu ajang perbaikan gizi!

No comments: