Monday, July 18, 2011

Pariwisata Indonesia

Weekend kemarin saya mendapat kesempatan makan siang dengan Mr. Thanatip Upatising yang merupakan duta besar Thailand untuk Indonesia. Mr. Upatising menjabat sebagai duta besar di Indonesia sejak Maret 2010. Beliau berasal dari Phuket dan sempat mengenyam pendidikan di Australia.

Banyak hal yang saya dapat dari acara tersebut. Salah satunya adalah bagaimana Thailand sudah berniat memajukan dunia pariwisatanya sejak tahun 1980. Dan tiap tahun Thailand selalu menaikkan jumlah wisatawan yang masuk dengan cara memelihara hingga menambah fasilitas pariwisata mereka.

Saya sih ga kaget dengan cerita pak Dubes ini karena saya udah ngalamin sendiri bagaimana berwisata di Thailand. Saya kagum dengan Thailand yang benar-benar memelihara situs sejarah mereka. Kuil-kuil, istana raja semua terpelihara rapih. Mereka juga bertindak tegas dengan melarang para wisatawan mengambil foto diwilayah yang dinilai bersejarah dan sakral. Bahkan tidak segan-segan melarang para wisatawan masuk ke wilayah yang dihormati apabila para wisatawan tersebut tidak memakai pakaian yang pantas (celana pendek atau baju tanpa lengan).

Pak Dubes juga menawarkan kepada kami apabila ingin berlibur ke Thailand sambil melakukan perawatan diri. Karena Thailand sedang berusaha menarik wisatawan hingga menawarkan paket-paket kesehatan sehingga para warga Asia Tenggara yang ingin berobat tidak melulu pergi ke Singapura saja, tetapi juga bisa pergi ke Thailand karena mereka sedang mengembangkan rumah sakit-rumah sakit bertaraf internasional yang canggih.
Ibaratnya kalau mau berlibur ke Thailand selain menikmati pemandangannya misalnya ke Phuket, Phi Phi Island atau Krabi. Mau wisata kuliner, mau ke situs bersejarahnya (kuil, istana), hingga berkunjung ke Thailand dalam rangka perawatan diri hingga berobat, Thailand juga bisa dijadikan surga berbelanja.

Terus terang saya kagum dengan kehebatan Thailand, walaupun luasnya hanya 1/4 dari wilayah Indonesia dan dinilai sebagai kota no. 4 termahal di Asia Tenggara (sementara Indonesia berada di urutan ke-2 setelah Singapura). Thailand sedang berbenah diri menjadi salah satu negara yang kini sedang berkembang di wilayah Asia Tenggara.

Saya berharap, Indonesia bisa seperti Thailand dan menjadi surga bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke sini.

No comments: