Thursday, May 20, 2010

Orang paling bermasalah dengan janji

Untuk kali ini saya harus punya stok sabar yang lebih dari cukup untuk menghadapi orang ini. Nyebelinnya lagi dia salah seorang yang deket sama saya (kita berteman sejak SMA). Jadi biarpun saya udah ngamuk abis-abisan dia cuma cengengesan trus ngaku salah tapi mengulanginya lagi dikemudian hari. Doh!!

Untuk masalah janji saya emang ga strict banget, kadang-kadang masih berlaku jam karet tapi ga segawat teman saya ini. Habitnya ini udah diketahui oleh banyak teman, udah disindir sampe dimarahi tapi tetap ga berubah.

Akhir-akhir ini saya banyak banget punya masalah sama dia. Mau dimusuhi, masak sih harus putus silaturahmi cuma gara-gara masalah ini aja? Tapi beneran deh saya udah ampun-ampunan sama dia. Makanya pas ngamuk kemaren, saya sampe bilang " elu itu tolol, gila apa bodoh sih? kok tabiat buruk elu ga berubah-berubah juga??? "

Ada beberapa kejadian yang menurut saya konyol. Waktu itu sekitar tahun 2000-an dimana teman saya ini sedang dalam posisi jobless. Berhubung saya tahu dia sarjana sastra Inggris, saya pun memberikan sidejob sebagai penterjemah (saya ingat cuma 6 lembaran kertas ukuran A4 yang harus dia terjemahkan) dan harus selesai dalam waktu 1 minggu. Cukup dong?
Saat makan siang saya menelpon dia dan kami bikin janji bertemu sepulang saya dari kantor. Janjiannya di Bintaro Plaza jam 19-an. Jam 18.30 saya telpon dia, dia bilang mau mandi dulu trus shalat magrib dulu. Saya sih bukan minta dia ga shalat magrib, tapi plis deeeehh... bisa kan mandinya rada sorean (jam 5-an gitu), kenapa jam 18.30 baru bilang " gue mandi dulu trus magrib dulu ya ". Kepala saya mulai panas.
Jam 19.05 saya sampai di Binplaz dan sudah saya tebak, teman saya BELUM berangkat dari rumahnya. Saya pun menunggu disebuah restaurant. Sampe saya selesai makan, temen saya belum datang juga!!! Akhirnya jam delapan lewat saya bayar makanan saya dan berjalan keliling Bintaro Plaza. Sampai jam 20.30 saya telpon lagi dia. Dimana sih? tadi katanya udah deket. Trus apa jawabannya??? " Tan, gue Hero dulu yaaaa.... nyokap gue minta dibeliin jeruk nih " katanya tanpa rasa bersalah. Sementara saya?? rasanya ada bara api dikepala saya yang bisa dipakai buat memanggang sosis. Begitu bertemu, ga bak-bik-buk lagi kertas kerjaannya saya lempar aja kemukanya dia dan saya langsung pulang naik taksi. Dimana sih otaknyaaaa????

Selesai sampai disitu?? Belum dong!!
Satu minggu kemudian, saya telpon dia dan menanyakan soal kerjaan yang saya berikan kedia. Ternyata BELUM SELESAI bahkan satu halamanpun belum selesai diterjemahkan Alasannya?? SIBUK!!! padahal ibu dan adiknya juga ga tau dia sibuk apa. Weleeehh....

Kejadian ke-2 bisa dibilang hampir mirip dengan kejadian pertama. Masih soal lowongan kerja, tapi janjiannya di Plaza Senayan. Waktu itu saya masih pacaran dengan hubby saya dan saya hendak memberi tahu beberapa lowongan kerja kedia. Janjian jam 7 lagi-lagi molor. Begitu ditelpon jawabannya " bentar yaaa... gue ke Hero dulu ". Lagi-lagi tanpa rasa bersalah. Hubby yang waktu itu baru pacaran sama saya sampe komentar " itu orang geblek amat sih, bukannya bertemu kita dulu kok malah ke Hero dulu?? ".

Kejadian ke-3 baru beberapa bulan lalu, dia bikin janji mau ketemu saya hari Sabtu siang untuk beli tas yang saya jual. Saya bilang " Sabtu siang gue ada di Bintaro Plaza, mau cari anti gores buat buat BB ". Dia pun setuju. Bahkan dia bilang kalau kita ketemu jam 12-an sekalian makan siang bareng. Jam 11 dia SMS saya " Tan, ketemuannya jam 1-an deh, ada temen gue datang nih ". Saya masih sabar, toh saya pikir saya ga ada rencana kemana-mana. Jam 1 siang dia telpon katanya udah mau jalan dari rumah. Berhubung udah berkali-kali punya pengalaman buruk dengan dia. Saya bales SMSnya dan bilang " Kalo udah deket Bintaro Plaza bilang gue ya, gue baru jalan dari rumah ". Dia menjawab OK. Sepuluh menit kemudian dia telpon lagi, " Tan gue udah di sektor 2 ". Saya pun mengeluarkan mobil dari garasi lalu menuju ke Bintaro Plaza. Sampe di Bintaro Plaza, saya telpon dia lagi, jawabnya " bentar gue sampe, dikit lagi nyampe nih ". Saya beli anti gores dulu bersama hubby. Selesai beli anti gores, kok temen saya ga telpon-telpon sih?? Akhirnya saya duluan yang telpon dia. Dan saya mendapat jawaban paling konyol " Gue udah di Solaria, abisnya gue laper sih, jadinya langsung ke Solaria aja. Lu kesini aja, gue ama temen-temen gue nih ". Alamaaaakkk... sumpah rasanya saya pengen BUNUH dia!!!!! Ga bisa ya nelpon saya dulu???

Kejadian ke-3 baru aja terjadi tadi malam. Lagi-lagi dia yang bikin janji. " Ketemu ya hari Rabu malam di Bintaro Plaza, soalnya hari Kamisnya gue ada urusan ". FINE... saya pikir sambil ketemu dia, saya bisa mampir ke Hero dan belanja sedikit.
Lagi-lagi... berhubung saya berhubungan dengan orang yang punya masalah dengan janji, hari Rabu sore saya telpon dia menanyakan janji kami malam nanti. Dan kembali saya mendapatkan jawaban konyol " Duuuhh... sorry Tan, kita ketemunya hari Jumat aja soalnya gue hari ini masih sibuk ". Tuh kaaaann.... untung saya telpon dulu dia.
Hubby yang sudah meluncur menuju Bintaro Plaza langsung saya hubungi. Untung saja belum kelewatan dan hubby bisa membelokkan mobilnya. Dikereta saya ngamuk sama dia sampai ibu-ibu yang duduk disebelah saya sampai risih mendengar saya marah-marah (maaf ya Bu, teman saya ini memang manusia langka yang punya tabiat buruk). Kembali dengan cengengesan dia bilang " sorry gue lupa ngasih tau elu, soalnya gue sibuk ". Tapi dia mikir ga sih?? bagaimana kalau saya udah langsung menuju Bintaro Plaza dan nungguin dia tanpa kejelasan?? Lagipula (ini mengutip kata-kata seorang teman yang pernah punya masalah dengan teman saya yang worst ini) " semua orang juga sibuk, bukan cuma elu aja. Tapi kita masih bisa menghargai sebuah janji dibanding elu ".

Selain cerita diatas, sebenernya masih banyak lagi kejadian tapi saya lupa saking banyaknya. Demikian juga teman-teman saya yang juga sering punya pengalaman buruk dengan dia. Enaknya orang kaya gini diapain yaaa....???



No comments: