Monday, May 10, 2010

si Adek mau nikah

Adik saya (usianya lebih muda 2 tahun dibawah saya) mau menikah. Entah ini sudah rencana yang keberapa saya juga lupa. Saking seringnya dia selalu berencana lalu tiba-tiba mendadak putus dengan pacarnya.

Kali ini dia bilang (lagi-lagi) serius. Mama dan papa support. Kita (saya, hubby, adik bungsu dan suaminya) juga support. Insya Allah ini yang terakhir kali.

Sejak tahun 2005 saya sudah seringkali diajak berkenalan dengan keluarga pacarnya. Seperti biasa, mama pasti paling ribut " jangan lupa beli cakenya ya, cakenya yang ini belinya ditoko kue itu ". Belum lagi sekeranjang buah. Sudah kenalan, si adek dan pacarnya mulai merencanakan pernikahan, lalu tiba-tiba rencananya hilang tersapu angin " ah males ah, gue putus aja ama dia " kata suatu ketika sewaktu saya tanya sudah sampai mana persiapannya.

Pernah lagi suatu ketika, kami berbondong-bondong datang berkenalan dengan pacar barunya. Seperti biasa dengan cake dan sekeranjang buah-buahannya. Sudah saling berkenalan, kedua orang tua sudah mulai menjalin silaturahmi sebagai calon besan. " maaf ya bu, anak saya sering ngambek sama anak ibu " demikian salah satu kata-kata dari ibu pacar adek kepada mama saya. Hubby sebagai jubir sudah mengeluarkan kata-kata wasiatnya " semoga perkenalan hari ini bisa berlanjut ke hubungan yang lebih serius lagi... blablablabla... ". Tapi lagi-lagi terjadi. " Udah putus gue ". Mama kami tugaskan untuk menginterogasi si adik. Lalu keluarlah alasan-alasan dari si adik kenapa dia memutuskan untuk tidak melanjutkan lagi hubungannya dengan sang pacar.

Kali ini (kemarin tepatnya) si adek mengumpulkan kami lagi sekeluarga. Tujuannya pun sama, berkenalan dengan keluarga pacarnya. Reaksi dari keluarga

Hubby : Males aaahhh.... malu aku, soalnya aku kan selalu jadi jubir
Mama : Kali ini kamu serius ya, mama udah pusing deh kenalan-kenalan melulu
Adek cewe : Ga percaya gue!!
Papa : Awas ya, jangan sampe kenalan sekarang trus awal Juni kamu putus!
Adik ipar : Kenalan gampang, yakin dulu 1200%
Saya : Gue ga mau beliin kue lagi. Yang dulu aja belum elu ganti :p

Minggu sorenya, adik saya hilang!! Di BBM ga jawab, di telpon ga diangkat.
Siang-siang saya sampai dirumah mama, tapi saya mendapati rumah kosong. Papa pergi melayat tetangga yang meninggal. Mama pergi kerumah kakaknya di Cirendeu. Adik cewe dan suaminya pergi kerumah mertuanya. Saya bengong. Hubby ngamuk " gimana mau nikah? ngurusin yang kecil gini aja berantakan!!! "

Usut punya usut adik saya ternyata sedang reuni dengan teman-teman SMAnya dan si pacar dia ajak serta. Namanya reuni biasanya ada mulut-mulut jahil yang membuka kejelekan masa SMA kita. Belum lagi saat reuni, bagi yang membawa pasangan biasanya para pasangan ini menjadi kaum minoritas. Si pacar pun ngambek sewaktu teman-temannya si adek membuka aib si adek semasa SMA dulu. Tahu si pacar makin ngambek, teman-temannya malah makin jahil.

Akhirnya acara perkenalan yang sudah ada didepan mata mulai berantakan. Si adek bertengkar dengan pacarnya. Kembali mama yang turun tangan. Duuuhh....

Kata adek yang cewe, " mungkin uda (kakak laki-laki, bahasa Minang) harus MINUM air kembang kali bukan sekedar mandi lagi ". Ngedengernya aja saya udah ngakak guling-guling.
Kata hubby " lu harus kasih pengertian sama pacarlu. Harus saling percaya. Kalau caranya begitu terus, ya susah "
Papa memilih skip kekamar dan nonton TV
Kata Mama " ...... " (susah nulisnya soalnya seperti biasa namanya juga ibu-ibu ngocehnya panjaaaaaaaannngg)

Walopun kita semua sering mengolok si adek cowo ini, tapi intinya kita sayang padanya dan kita selalu menginginkan dia mendapat yang terbaik.

Makanya dek, banyak shalat Dhuha biar dilancarkan semua urusannya.

No comments: