Thursday, September 17, 2009

Obrolan kamar

Semalam saya buka puasa dikantor sementara hubby buka puasa dirumah saudara kembarnya sambil merayakan ultah papapnya. Tadinya saya mau nyusul, tapi batal mengingat transportasi yang kurang bersahabat. Minta izin hubby untuk ga datang. Begitu dibolehin, saya pulang kerumah mama saya dengan tujuan..... pinjam panci!!!!

Berhubung saat itu panas banget cuacanya, saya memilih ngadem dikamar tidur orang tua saya. AC dinyalakan hingga 18 derajat. Seperti biasa, TV dikamar tidur dipenuhi dengan sinetron-sinetron favorit mama yang ga boleh diganti dengan channel lain. Padahal tadinya saya pengen numpang nonton CSI.

Akhirnya papa, mama dan saya bertigaan dikamar sambil ngobrol-ngobrol. Awalnya dimulai dengan saya yang ribut melulu mengomentarin sinetron yang ditonton mama saya. Ngomentarin Ashraff Sinclair yang " kok kurang cakep " yah di sinetron ini?? Ngomentarin Dirly mantan runner up Indonesian Idol yang actingnya kaku banget. Nabila Syakib yang walau ga dimake up tetap cantik. Sampai ngomentarin pemeran antagonisnya yang lagi berakting marah sampai urat-urat lehernya keluar semua.
Lalu mama senewen dan bilang " aduuuhh... kamu berisik banget deh. Mama kan mau nonton, sana deh kamu nonton di TV luar aja!! ". Trus papa saya ikutan komentar " gini nih Tan, papa dijejelin sinetron melulu sama mama. TV kamar ini jadi TV sinetron. Makanya papa nonton di TV luar aja atau TV dikamar Lufti (adik saya) di sebelah ".

Saat iklan di TV, obrolan dilanjutkan lagi. Dari ngomongin pembantu saya yang lagi ditinggal kabur suaminya. Pencarian baju manohara buat pembantu saya. Dari mama saya, saya baru tahu kalau pembantu saya sampai menyimpan brosur Ramayana Depertemen Store ditasnya untuk ditunjukkan kepada mama saya, seperti apa baju manohara menurut versinya. " Kasian deh Tan, si Rum itu ngebet banget punya baju manohara, brosur Ramayana itu sampe bulukan kelipet-lipet didalam tasnya ". OK, saya akhirnya menemukan baju manohara seperti yang dimauin asisten RT saya. Terusan A Line dengan legging :D

" mama udah bilang Rum, ga usah kamu cari-cari suami kamu. Apaan tuh punya suami pemalas. Beli buku buat anaknya ga bisa, tapi main judi bisa. Minta duitnya sama si Rum lagi. Mending dia kerja... blablablabla... " mama saya mulai ngomel-ngomel menceritakan tabiat suaminya asisten RT kita yang memang menyebalkan. Saat sinetron mulai, mama nonton lagi dengan serius. Sementara saya ngobrol dengan papa saya.

" Tan, papa pengen beli notebook baru ah, itu notebooknya Lufti kekecilan (notebook adik saya yang dihibahkan ke papa ukuran 10'). Papa pusing kalo ngetik pake notebook itu " kata papa saya. " Tan, mama juga mau beli notebook ah " tiba-tiba mama saya menyambar, sementara matanya masih ke arah TV. " Buat main freecell, kalo monitornya gede kan enak ngeliat kartunya gampang " sambung mama. Saya ketawa, papa juga. Gimana engga? beli notebook cuma buat main freecell doang???

Lalu papa saya menanyakan kenapa saya masih belum juga mengganti HP saya? saya bilang males. Toh yang saya pake sekarang, walopun umurnya udah 5 tahun masih bekerja dengan baik. " Papa mau ganti yang ini " kata papa sambil menyodorkan sebuah brosur HP. " Ini buat denger musik juga. Kan papa perlu ganti hp, hp papa udah tua nih. Kata Yessy (adik bungsu saya), yang ini harganya 1.3jt. Gimana menurut kamu? bagus ga? ". Lalu mama saya menyambung, " kalau papa ganti hp, mama juga ya ". Oalaaaahhh... FYI, papa saya ganti hp 1 tahun lalu, mama saya 6 bulan lalu. Sementara saya?? 5 tahun lalu!!!!!

Saat iklan, mama saya mempertanyakan kemampuan saya memasak opor dan sayur buncis buat lebaran. " Kalau kamu ga sanggup, sini mama aja yang masak. Besok bawa aja kerumah mama bahan-bahan yang udah kamu beli ". Tapi saya menolak! Mendingan saya yang masak deh, daripada saat lebaran nanti mama saya sesak nafas karena asmanya kumat akibat kecapean.

Obrolan penting-ga penting ini terus berlanjut dengan topik-topik yang lain. Soal Facebok, " pa, Intan ketemu temen muda papa tuh di Facebook, jangan lupa di add ya " lapor saya. Soal zakat yang akan kami bayar bersama-sama. Soal kue lebaran, soal ini-soal itu. Satu jam kemudian, suami saya datang menjemput. Lalu saya mengambil panci yang hendak saya pinjam dari mama saya.

Hampir 1.5 jam saya bertigaan dengan papa dan mama saya adalah suatu hal yang jarang terjadi. Saya sudah sibuk dengan keluarga kecil saya, urusan kantor, dll. Mama dan papa saya juga sibuk dengan urusan PKK, bermusik, senam tera, pengajian, urusan mushalla dan lain-lain. Obrolan penting-ga penting tadi jadi lebih bermakna buat saya. Tujuh tahun saya menikah dan keluar dari rumah orang tua saya, membuat saya kangen dengan suasana seperti itu.




No comments: