Saturday, September 10, 2011

Kenapa selalu beda???

Waktu saya kecil dulu kayaknya ga pernah ada masalah dengan lebaran. Pokoknya kalo kalender bilang lebaran sekian, lebaran pasti sama seperti tanggal merah di kalender. Beberapa tahun terakhir nampaknya lebaran lebih sering berbedanya daripada kalender. Biasanya sih duluan, entah kenapa tahun ini lebaran baru belakangan jatuhnya dari tanggal merah di kalender.

Saya ingat beberapa tahun lalu, H-1 Lebaran saya malah menemani mama beli kulkas baru. Saat itu ada yang udah lebaran duluan. Diperjalanan saya ngeliatin ada yang udah minum teh botol dingin. Padahal saat itu saya masih nahan haus karena puasa.

Pernah lagi entah tahun kapan. Seperti biasa H-1 lebaran saya cuci dan vacuum mobil di salon mobil. Saat itu juga ada yang udah lebaran. Saya ingat banget salah satu pelanggan salon mobil tersebut datang setelah selesai shalat Ied dan asyik memesan secangkir kopi. Sementara saya dan hubby, tetap ikut pemerintah.

Kalau lebaran udah beda begini biasanya mama atau saya saling menelpon dan bertanya " ikut lebatan yang mana?? " Ga asyik banget. Kenapa sih ga lebaran barengan?? Tapi saya dan ortu juga keluarga mertua tetap ikut pemerintah. Tapi tetap aja ga asyik menurut saya. Soalnya kalau silaturahmi, suka ada pertanyaan " ikut lebaran yang mana? kemarin atau hari ini?? ". Lucu kan??

Tahun ini hari terakhir puasa, saya janjian sama para ipar ketemuan di PIM. Sebelum pulang kita mampir di Spinelli Cafe dulu. Awalnya jam 19.30 para karyawan Spinelli bilang " maaf ya pak, bu kita udah last order. Ada yang mau dipesan lagi? ". Ga nyalahin mereka juga sih, waktu itu kita kan menyangka udah malam takbiran. Wajar kalau mereka mau cepat pulang.
Selama di Spinelli, saya dan ipar-ipar was-was nunggu hasil sidang isbat soal penetapan lebaran. Akhirnya pemerintah menetapkan, bahwa lebaran mundur 1 hari lagi. Dan besok hari yang semestinya lebaran, kita masih puasa lagi. Langsung kita pada ribet beli lauk buat sahur lagi. Twitter dan BBM langsung rame sahut-sahutan soal lebaran yang di delay. Para karyawan Spinelli Cafe yang tadinya udah beres-beres dan nutup kasir, langsung menyambut tamu lagi begitu keluar keputusan pemerintah.

Makanya waktu itu sempat ada pribahasa yang populer " karena hilal setitik, rusak opor sepanci "

1 comment:

Unknown said...

hi.. i like your blog.,,
can you add my site to your blogroll..
admin of http://antechno.com