Wednesday, September 21, 2011

Tawuran pelajar

Lagi-lagi tawuran.....

Udah berapa kali sejak SMA kita ngerasain tawuran?? Saya?? walopun bukan peserta tawuran tapi udah beberapa kali ngerasain tawuran tersebut.

Sebut, jaman saya SMP dan sedang asik-asik nunggu bis di Blok M. Tiba-tiba ada sebotol kosong minuman yang melayang melewati atas kepala saya. Setelah itu, terdengar jeritan ibu-ibu pemilik warung yang berteriak kepada para pelajar agar tidak merusak dagangannya.

Waktu saya masih SMA, selesai upacara penurunan bendera Sabtu sore. Tiba-tiba ada hujan batu dari tembok belakang sekolah kami. Yup, saat itu sekolah kami diserang oleh sekolah lain. Saya pun tertahan di sekolah dan baru diperbolehkan pulang 2 jam kemudian.

Waktu saya kuliah di UI. Ketika saya sedang asyik-asyik naik mobil bersama pacar saya dulu menuju kampus. Tiba-tiba datanglah segerombolan anak sekolah yang nampaknya akan menyerang/ Mereka butuh tumpangan untuk membawa temannya yang terluka dan memaksa menghentikan mobil pacar saya (waktu itu mobilnya Toyota Kijang). Bukannya berhenti, pacar saya malah makin memacu kencang mobilnya. " Males aja, ntar kena urusan panjang " katanya saat itu.

Semasa kuliah pernah juga saya ada didalam tawuran. Waktu itu saya sedang melanjutkan kuliah di Universitas Dharma Persada. Tiba-tiba kelas kamu dihentikan oleh mahasiswa jurusan lain karena katanya " kampus mau diserang ". Berbondong-bondong kami para dosen dan mahasiswa wanita 'disembunyikan' di sebuah ruang kelas yang aman. Sementara para mahasiswa prianya, bersiap-siap menahan serangan. Sebelum terjadi serangan, saya dan beberapa murid lainnya sempat menyelundup keluar dan pulang. Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa.

Tiap tahun pasti ada aja kejadian tawuran ini. Tapi sekarang ada kejadian tawuran yang begitu hebatnya sehingga menghiasi deadline berita beberapa hari terakhir ini dan juga menghiasi timeline di twitter. Maunya apa sih? Pantas aja bangsa kita ga maju-maju kalau sejak muda udah belajar kekerasan seperti ini. Apalagi kalau sudah besar nanti? Kemana sih istilah Pancasila? Bhineka Tunggal Ika? atau pelajaran Agama Islam atau PMP yang kita pelajari dulu?

No comments: