Wednesday, December 5, 2007

meremehkan

Saya paling tidak suka ada orang yang meremehkan suatu profesi.
Jangan kira profesi yang rendah bisa mudah begitu saja diremehkan.
Office girl atau office boy juga berat kerjanya. Jangan cuma kita anggap mereka staff rendah, kita jadi meremehkan mereka.
Pernah ga terpikirkan, kalau tiba-tiba dikantor tidak ada office boy / girl? Siapa yang menyiapkan minum? kopi untuk boss? memfoto copy atau menghancurkan tumpukan dokumen? mengantarkan surat? membelikan dan menyiapkan makan siang? ini-itu dan masih banyak tugas-tugas OB/OG lainnya yang menurut orang lain hanya pekerjaan remeh.

Awalnya ada seorang teman yang bermaksud alih profesi menjadi sekertaris. Dia bertanya kepada saya. Lalu saya ceritakan pokok-pokok tugas sekertaris. Apalagi kalau hendak menjadi sekertaris / PA untuk expat seperti yang saya lakukan.
Satu hal yang saya tidak suka adalah sewaktu dia bilang alasannya alih profesi tersebut " kerjaan sekertaris kan gitu-gitu aja. Gampanglaaaahh ".
HEY... memang dimata kamu pekerjaan yang kami lakukan sepertinya gitu-gitu aja. Saya pun yang bukan lulusan sekolah sekertaris bisa menduduki posisi ini. Tetapi saya tidak terima, mungkin rekan-rekan sesama sekertaris yang lainpun juga sama.
Kalo hanya begitu-begitu aja, buat apa ada sekolah sekertaris khusus? buat apa kami harus terus belajar memaksimalkan diri kami?
Kami tetap bekerja memakai otak. Bukan seperti anggapan sinis orang-orang yang menganggap pekerjaan kami ada apa-apanya.

Terus terang saja jadi kesal pada teman saya itu. Niat saya yang hendak membantunya jadi luntur.
Biar deh dia mengadu nasib sendirian. Biarlah dia memasuki dunia sekertaris yang dianggapnya gitu-gitu aja dengan kakinya sendiri.
Semua dia sukses dengan pilihan karir barunya!

No comments: