Monday, September 8, 2008

harus banyak lagi bersyukur

Tadi pagi baca koran, ga sengaja baca bagian " memperbanyak sedekah ". Jujur yah... saya agak jarang bersedekah. Maksudnya, kalo ngasih ke para pengemis atau anak-anak di perempatan jalan sih lumayan (walopun suka liat-liat wilayahnya dulu. ga lucu aja niatnya mo ngasih duit ke pengemis ujung-ujungnya malah kena palak kapak merah).

Kalo pas lagi makan siang dibawah (yak, saya makan siang dikantor, nitip minta beliin OB). Pasti saya ga pernah lupa ngasih sedikit ke para pengemis yang suka meminta-mnta disela-sela makan siang kita. Sekali-duakali-tigakali... Insya Allah berapapun saya kasih kalau ada.

Trus semalam pas abis buka puasa dirumah mama. Seperti biasa kita ngobrol dulu dikamar berdua mama (nasib anak yang ga tinggal serumah, kalo lagi datang ke emaknya pasti ngobrooool melulu). Trus kita ngobrolin salah seorang teman mama yang kasian banget hidupnya.
Mereka hidup dengan mengandalkan pensiun istri, sementara suaminya sakit-sakitan. They was a rich family! tapi nasibnya berputar. Anak-anaknya ga ada yang kerja permanen. Anaknya ada yang janda dan si (mantan) suami memberinya anak 3 orang tanpa biaya!! (sementara mantan suaminya entah dimana). Akhirnya anaknya ada yang jadi tukang ojek. Salah satu anak ada yang mau melahirnya secara cesar dan butuh uang hampir 10 juta rupiah.

Trus saya mikir. Du'uh betapa beruntungnya saya. Punya suami dengan pekerjaan tetap di sebuah perusahaan besar, punya pekerjaan dengan gaji lumayan, punya rumah, punya mobil. Bisa belanja di PI Mall atau di Plaza Senayan, bisa makan direstaurant mana aja, bisa ngopi di Starbuck's, bisa beli apa aja yang saya pengen. Tapi saya cuma bisa sedikiiiiitt banget menyedekahkan apa yang saya punya. Padahal udah berulangkali saya denger " sedekah itu ga bikin kita jadi miskin!! "

Ternyata walopun saya pernah dikomentari " ga mendidik pengemis karena saya rajin duit ngasih ke mereka ". Ternyata apa yang udah saya lakukan masih jauuuuuuuuuuuhhh banget dari apa yang dituliskan dikoran itu. Dan saya tidak menyedekahkan uang saya dijalan yang benar. Hmmm..... saya harus lebih banyak bersyukur pada Allah SWT dan lewat jalur yang benar!!

No comments: