Tuesday, April 7, 2009

jadi istri yang baik

Seorang teman baru saja kehilangan bayinya diusia kandungan beberapa minggu. Usianya memang lebih muda dari saya, jauuuh lebih muda. Baru menikah awal tahun lalu.
Banyak yang bilang, usia pernikahan membuat perbedaan cara kita merawat kita pasangan hidup. Saya sudah menikah 7 tahun. Sejak awal mungkin sayanya yang agak cuek jadinya mau nikah 1, 2, 5, 7 hingga berapapun, saya ga ngerasa ada perbedaan dari cara saya merawat suami saya.

Waktu baru nikah, rasanya mau ngebuktiin jadi istri yang baik. Nyiapin makan suami, mijitin suami, nyuciin baju suami, dll, dll. Iya ga sih??
Begitu usia pernikahan terus berjalan, mulai cuek. Makan suami disiapin pembantu, nyuciin baju suami juga pembantu. Asal jangan mijitin suami harus pembantu juga.

Nah teman saya juga begitu. Dasar masih pengantin baru, usaha untuk menjadi istri yang baik terus dijalankan. Pulang kantor (bayangkan aja, dia pulang kantor naik kereta dari Sudirman ke Bekasi) masih harus cuci baju, nyapu dan ngepel rumah lalu memasak makan malam!!! Gimana ga keguguran???

Memang sih, merawat suami itu kewajiban. Balasannya pahala. Tapi please deh!
Jangan cuma usaha jadi istri yang baik aja. Tapi coba dong para suami berusaha jadi suami yang pengertian. Bukan apa-apa. Sekarang tahun 2009. Rasanya hampir 90% rumah tangga di adalah pasangan suami-istri yang bekerja. Wajar dong kalo sekali-sekali para istri kecapekan?? mumet karena urusan kantor??
Saya pernah menasehati teman saya. Urusan nyapu dan ngepel ga usah tiap hari, kan belum ada anak. Jadi rumah ga kotor-kotor amat. Jawabannya? " ga enak mbak, suamiku ga suka liat rumah kotor ". Waktu seorang teman bilang, ga usah masak sesekali beli masakan jadi aja, kan cuma utk 2 mulut. Jawabannya " ga enak sama suami ". Itu belum lagi urusan mencuci baju yang dilakukan secara tradisional dengan papan penggilasan.

Sekarang kalau sudah begini? siapa yang harus disalahkan??


4 comments:

Nina Kaham said...

harusnya si istri, kalo emang ada keberatan ya diobrolin ama suami dong :), jadi bisa win win solution..
suami kan nggak tau segimana beratnya kerjaan si istri, lha wong keliatannya istrinya seneng-seneng aja ngerjainnya.. Iya nggak?

chaos@work said...

terus terang, gue dan suami gue begitu. gue exactly kek yg lo tulis itu. bukan karena gue mo jadi istri yg baik, tapi laki gue galak hahahaha!

well ya gitu deh di msia kan apa2 udah diuangin ya. pembokat aja ya ampooonnnn hampir 20juta duit keluar buat ngambil satu booo...!!

but then again, the traditional cuci part yg pake mesin cuci, come on.. that is too much.. kasian itu cewek..

Qie said...

hari ini banyak suami seenaknya... istri udah kerja urus urusan rumah juga, lakinya.. hmm.. kerjanya banyak yang ga sesukses istri tapi maunya kayak raja aja....

intansusan said...

@All, nasi udah jadi bubur dan teman saya udah kehilangan calon bayinya...
kalo ditilik, bukan suaminya juga yang menuntut. Tapi teman saya lagi mati-matian berusaha jadi istri yang baik....