Thursday, October 9, 2008

bahasa jerman

Sejak beberapa tahun yang lalu saya pengen kursus bahasa jerman. Secara kerja di perusahaan jerman, dan sering banget dapet fax atau email berbahasa ini.
Biasanya saya suka pakai mesin penterjemah yang ada di internet. Tapi hasilnya? HUH.. kacau!!
Kalau surat penting, saya lebih senang memakai jasa penterjemah tersumpah untuk membantu pekerjaan saya.

Akhirnya kantorpun memberikan kesempatan kursus bahasa jerman. Maka sejak beberapa minggu lalu saya mulai kursus bersama beberapa teman lain.
Awalnya kita semangat mempelajari bahasa baru ini. Setiap kalimat baru, selalu berusaha kita praktekkan. Percakapan sederhana mulai kita kenal.
Lalu masuklah kita ke bagian yang 'menyeramkan', apalagi kalau bukan grammar. Semalam saja kita mulai belajar Das, Der, Die lalu Ein, Eine. Bahasa jerman yang tadinya menyenangkan langsung jadi menyeramkan.
Entah karena otak kita udah mulai kaku atau pikiran yang suka terpecah sama urusan kerja, rasanya hampir seluruh murid yang ada dikelas sepertinya stuck dimasalah grammar ini.

Ada yang bilang " can we learn about conversation only? so we don't have to learn this grammar ". Tapi sang guru (sstt... guru saya bukan orang jerman atau indonesia, tapi dari bosnia) bilang " we must learn this grammar before we learn the conversation". Lagian susah dong kalo pengen ngobrol kalo ga ngerti grammarnya juga.

hmmm..
Mumpung hari ini boss saya ga ada, rencananya saya mau memperbaiki catatan saya dan mencoba belajar grammar ini. Semoga saya bisa!!!

No comments: