Wednesday, January 7, 2009

dokter dan rumah sakit di Indonesia

Makan siang tadi saya dan teman-teman rame-rame ngomongin pengalaman mereka soal dokter dan rumah sakit di Indonesia.

Teman 1
" gue udah semaput di UGD rumah sakit ******* bukannya dikasih pertolongan, eh susternya masalh nanya : Ibu mau bayar pake apa???. Gue lempar aja kartu debit gue sambil bilang NIH GESEK!!. Trus lu tau ga susternya malah bilang apa?? disini ga bisa pake debit atau kartu kredit, harus cash. Rasanya tuh rumah sakit mau gue bakar!!!!!!! "

Teman 2
Ayahnya sedang dirawat karena stroke. Tiba-tiba ditengok oleh dokter jaga yang bilang " bapak ginjalnya juga bermasalah nih ". Sehingga si bapak malah makin stress dan makin drop. Begitu teman saya menkonfrontasikan dengan dokter yang bersangkutan, dengan entengnya si dokter malah bilang " ooo, saya ga baca track recordnya, ternyata ginjalnya ga papa tuh. Soalnya saya dokter jaga dari lantai lain ". DZIGH!!!

Teman 3
Ibu teman saya kecelakaan dan harus dioperasi. Saat sang ibu mau masuk ruang operasi, teman saya diajak suster ke sebuah ruangan dan diberikan rincian "pembayaran awal" yang harus dibayar sebelum operasi dimulai.
Tindakan operasi Rp. ......
Dokter Rp. ......
Anestesi Rp. .........
Obat-obatan Rp. .........
Total 11 juta. Begitu dibayar, operasi baru dilakukan.

Teman 4
Ginjal kanannya terasa sakit. Dua kali berobat di Indonesia, para dokter memvonis bahwa " ginjal kirinya menciut dan harus dilakukan operasi pengangkatan ginjal ". Teman saya ga percaya karena dia merasa, ginjal kanannya yang sakit kenapa harus dilakukan tindakan pada ginjal kiri? Akhirnya dia berobat ke Penang dan dokter di Penang mengoperasi GINJAL KANANnya karena ginjal tersebut mengalami pembengkakan akut. Jadi bukan ginjal kirinya yang menciut!!!!!

Pengalaman saya :
Beberapa tahun yang lalu saya demam. Oleh hubby saya dibawa ke sebuah rumah sakit swasta besar untuk berobat ke dokter umum. Selesai diperiksa, saya ingat dokter tersebut malah bercerita pengalamannya jalan-jalan ke Hongkong (can you imagine that?????). Saya diberi 5 jenis obat (demam aja obatnya segabreg). Begitu minum obat saya sembuh. Selesai??? belum!!! Saya merasa SANGAT SEHAT!! Saking sehatnya saya sampai tidak bisa tidur hingga 3 hari. Tidak ada rasa ngantuk sama sekali. Setelah lewat hari ke-3 saya malah stress, ga bisa tidur tapi ga ngantuk, ga lemes juga. Saya ingat saya sampe marathon nonton DVD Lords of The Ring 1-2-3. Akhirnya saya NYIKAT KAMAR MANDI!! Hubby sampe ngomel-ngomel pas tahu saya nyikat kamar mandi. Saya bilang " aku lagi bikin badanku capek supaya bisa tidur ". Kamar mandi sudah disikat, kamar sudah dibersihkan dan dipel tapi saya belum ngantuk juga. Hari ke-4 saya pingsan. Lalu saya dibawa ke dokter lain. Oleh dokter yang baru saya disuruh menghentikan konsumsi obat. Saya baru bisa tidur nyenyak!!!

No comments: