Friday, January 16, 2009

si Kunyuk

gara-gara baca tulisan saya sebelumnya, saya mendapat 'sentilan' lumayan keras dari seseorang yang lebih senang saya panggil Kunyuk. Kenapa Kunyuk? emang dia Kunyuk banget orangnya. Dan entah kenapa saya senang memanggilnya begitu, entah kenapa juga bertahun-tahun saya memanggilnya Kunyuk, dia juga ga pernah marah :-)

Anywaaaaayyy.......

Si Kunyuk ini emang sahabat yang menjengkelkan, gayanya mirip jelangkung. Datang tak diundang, pergi semaunya sendiri. Kalau datang suka mendadak tapi ngeselin.

Saya ingat waktu saya termehek-mehek di tahun 2004 lalu, waktu saya lagi memusuhi Tuhan karena membuat orang lain hamil sementara saya tidak. Si Kunyuk ini yang nemenin saya bercucuran air mata di salah satu cafe di Citos. Ditemani lemon tea dia menemani saya sambil sesekali dia menghembuskan asap rokoknya kearah saya.

" Bagian mana sih yang lu bilang Tuhan ga sayang ama elu? gara-gara orang lain hamil elu engga? Lu mikir dong, kurang sayang apa Tuhan sama elu? lu punya kerjaan bagus, gaji lumayan, punya suami yang sayang ama elu, bentar lagi mau beli rumah, punya mobil...blablabla... bagian mana jahatnya Tuhan sama elu? punya anak kan cuma masalah waktu. Yang penting Tuhan sayang ama elu, rejeki elu bagus melulu, suami ga selingkuh. Apalagi yang kurang coba??? " demikian kata-katanya waktu itu.
Saya terdiam, emang sih. Itu cuma tuduhan saya aja ke Tuhan yang jelek. Si Kunyuk ini, walaupun menjelaskannya dengan cara nyebelin tapi dia bisa membuka mata saya. Walopun habis itu saya terpaksa harus ngebayarin total kerusakan yang dia lakukan (dua gelas lemon tea, beberapa slice kue dan rokok yang kalo dibeli di cafe harganya jadi melonjak drastis).

Lalu kalau saya lagi adem, si Kunyuk ini menghilang dari peredaran jagat dunia. Kembali lagi kalau saya sedang punya masalah. Tapi dia tidak pernah menghitung-hitung kebaikannya dalam menghibur saya. Du'uh gue sayang banget ama lu 'Nyuk....

Lalu tahun 2008 dia datang lagi sambil membawa resolusi. Katanya dia mau berhenti merokok. Dan dia mencaci maki saya waktu mondar-mandir dihadapannya membawa sebungkus rokok Sampoerna Mild Hijau. " Sialaaaann......... gue kan mau berhenti ngerokok!!! ". Ini kan ujian, tandanya dia ga lulus ujian. Akhirnya, saat kami bercakap-cakap sepulang kantor, rokok yang saya beli berpindah tangan. Satu persatu mulai dihisapnya. Sementara saya tertawa tergelak-gelak melihatnya gagal test merokok.

Tahun 2o09 baru dimulai. Si Kunyuk ini melihat satu keberhasilan saya, bahwa saya bisa meninggalkan kebiasaan saya minum teh botol dan minuman bersoda lainnya. Sementara keinginannya masih sama, berhenti merokok. Dan dia, rupanya sudah bisa menghilangkan kebiasaannya merokok hampir 90%. Not bad 'Nyuk......
Terbukti, saya kembali saya berulah mondar-mandir dihadapannya sambil membawa rokok favoritnya. Tidak ada keinginan sedikitpun darinya untuk mulai mengisap. Akhirnya bungkusan rokok itu malah berpindah keseorang tukang parkir.

Saat dia membaca lagi blog saya, lengkap dengan perasaan saya yang (lagi-lagi) sedang teriritasi akibat masalah anak. Si Kunyuk datang lagi pada saya. Saya ungkapkan segala kesedihan saya pada dia. Tentang tuduhan sepihak yang ditujukan pada saya.

Komentar si Kunyuk sederhana, " lu pasang foto lu saat baru nikah!! ". What?? foto waktu berat badan saya cuma 48 kg? saya aja ngeri ngelihat foto saya waktu itu. Kok saya bisa sekurus itu?
Lagi-lagi si Kunyuk cuma berkomentar sederhana " buat nunjukkin ke orang-orang bahwa akibat USAHA elu supaya bisa hamil, maka elu harus merelakan bentuk badanlu yang dulu kurus menjadi tak berbentuk seperti sekarang ini. Berapa berat badanlu sekarang? 60? 65 kilo? Berapa? itu kan terjadi akibat lu suntik-suntik hormon kan? Jadi siapa bilang lu ga ada usaha pergi ke dokter? Kalo ga ada usaha, badanlu masih kurus aja kaya dulu. Iya kan?? "
Saya kembali terdiam. Kata-katanya memang pedas, tapi tepat sasaran. Saya memang tidak berhenti berusaha. Badan saya rusak karena usaha saya mendapatkan anak. Lagi-lagi si Kunyuk benar, walaupun hati saya sakit mendengar kata-katanya.

Sekali lagi sahabat saya yang bermulut tajam ini membuka hati saya. Buat apa saya harus terusik dengan kata-kata orang lain? Saya punya dunia sendiri, dimana hanya saya yang tahu apa isinya.

Terima kasih Kunyuk sayang, kamu memang sahabat saya yang terbaik..... (walaupun saya sebal dengan kata-kata kamu!!!)

No comments: