Monday, August 11, 2008

catatan isengku

Saya pernah tanya sama suami, kantornya dia ada rencana buka cabang di Lombok ga? atau dia ada rencana cari kerja di Alaska ga? atau mungkin dia pengen sekolah lagi ke Polandia?
Semua itu tanpa alasan. Makin jauh makin bagus malah.
Bukan masalah kotanya dimana. Di Boston kek, Berlin, Brunei, Bali atau Beijing. Saat dia memberi jawaban positif saya akan berterima kasih padanya sudah membawa saya jauh.
Saya adalah type extrovert. Saya suka bercerita, punya teman banyak. Mungkin secara kasat mata kehidupan saya biasa saja. Memang.
Tapi hidup saya dibuat menjadi luar biasa oleh orang disekitar saya.

Saya cape kalo ditanya " kok belum hamil juga? ga usaha sih ".
Buat sebagian orang itu pertanyaan bisa, buat saya yang sudah 6 tahun menikah tapi belum memiliki keturunan, pertanyaan itu bagai pisau tajam. Apalagi kalo ada yang ngebandingin saya dengan pasangan lain yang sama-sama menikah tetapi pasangan tersebut sedang menunggu kelahiran anak ke-3 atau ke-4.
Belum lagi pakai diembel-embeli " kurang berdoa, ga gigih berdoanya " atau yang lebih ekstrim " ga takut dicerein sama suaminya kali, atau dipoligami suaminya ".
Terus terang ini pernah mengusik hati saya. Saya cinta suami saya dan saya takut berpisah dengannya. Maka pertanyaan tersebut pernah saya lontarkan kedia " kalau saya ga bisa hamil, kamu akan menceraikan saya? ". Suami saya malah melotot dan bilang " please DO NOT ASK this STUPID QUESTION again!!!!!
Saya percaya 100 bahkan 110% sama suami saya. Tapi entahlah kalau takdir berkata lain nanti. Tapi untuk saat ini saya cukup PD dengan jawabannya.

Saya ngeliat betapa kasiannya nasib kami berdua yang selalu kena masalah. Terlepas dari kami yang benar-benar salah atau kami cuma terseret dalam masalah tersebut atau mungkin kami yang dikorbankan karena pihak yang berseteru takut behadapan satu sama lain, akhirnya kami yang dijadikan bemper untuk dicaci maki dan melampiaskan kekesalan.
Untungnya tangan dan kaki kami berdua masih cukup kuat untu menahan beban dan stock sabar saya masih satu lemari penuh.

Perkara dicuekin? itu sih udah makanan saya. Malah saya selalu berdoa, cuekin aja saya seterusnya. Seengga-engganya ngurangin slot dalam otak saya jadi tidak banyak terbagi untuk orang yang nyuekin saya. Karena saya ngerasa saya sangat sibuk untuk ngurusin " kenapa yah saya dicuekin? apa salah saya? ". Waduuuhh... being a housewife plus career woman udah makan waktu saya. Belum lagi waktu buat nyoba resep masakan terbaru, main sama kucing, nonton TV, jalan ke mall sama suami, menyelesaikan baca buku-buku yang saya beli. Sibuk deh pokoknya.
Kalau ada yang bilang, " baru jadi sekertaris aja udah belagu ". Eiittss... baca yang jelas yah diatas. Ada kesbukan-kesibukan tambahan lain yang tidak bisa diprediksi. Misalnya mendadak janjian sama teman buat ketemu di mall, harus buru-buru nyelesein buku yang tebalnya amit-amit karena itu buku pinjaman sementara kalo beli mahal ga ketulungan.

Disalahin secara sepihak. Hmmm....... saya manusia, demikian juga yang baca tulisan ini. Kita hidup didunia ini lengkap dengan intrik-intriknya. Tiap lebaran kita selalu terima ucapan " Maafkan Kesalahan Baik Yang Disengaja Maupun Yang Tidak Disengaja ". Naaahh... kok bisa sih kita ngomong gitu saat Lebaran. Kok hari lain engga?
Tiba-tiba, ga ada petir ga ada angin langsung deh ada yang membombardir kayak senapan mesin AK-47. Sementara saya bingung cuma bisa muter-muterin bola mata saya aja karena ga tahu masalahnya apa. Hihihihihihi...

Catatan iseng ini saya akan saya tutup dengan permohonan yuk kita hidup berdampingan, seperti yang ditulis dalam kitab suci, UUD 45, serta buku-buku lainnya. Mohon saling pengertiannya. Saya bisa mengerti kalo kamu tukang ngambek, kamu judes, pemarah. Tolong kamu ngertiin saya juga, karena saya juga judes, pemarah dan penggerutu. Lagipula saya ga peduli kamu abis beli handphone harga 10 juta atau beli sepatu mahal tiap minggu. Saya ga ngurusin kamu candle light dinner direstoran mewah atau kamu jalan-jalan ke Australia. Aduh, saya udah sibuk buat diri saya sendiri kok :-))

Soalnya begini, kalo kamu cuekin saja. Kamu harus ingat, didunia ini kita bakal saling membutuhkan (bukan saya sok butuh). Saya sih membutuhkan bantuan dari siapapun yang mau membantu saya. Tapi hilang satu orang dalam kehidupan saya hanya satu hal kecil saja dari semua masalah yang pernah mendera saya. Dan saya tidak takut untuk itu. Karena saya pernah mendapat masalah yang jauh lebih berat lagi.
Saya bukan drama queen yang gampang berurai air mata, saya juga bukan drama queen yang bisa bermanis-manis kesana dan kesini. Saya lagi belajar menjadi orang yang kuat. Kuat untuk diri saya sendiri. Agar saya bisa melangkah maju kedepan.

Saya tidak mau dengan klise bilang " meraih cita-cita, asa, harapan atau apapun namanya ". Saya cuma mau hidup tenang dan nyaman. Makanya saya pernah tanya suami saya adakah rencananya untuk pindah ke negara lain atau kota lain atau mungkin planet lain?








No comments: