Friday, August 29, 2008

curhat

Lebaran masih jauh. Puasa juga belum mulai, tapi ada aja yang udah males ngadepin Lebaran!!

" ketemuan dong, gue pengen curhat " demikian bunyi SMSnya.

Maka sepulang kantor saya pun janjian bertemu dengannya. Pokoknya setelah dapat konfirmasi bahwa dia akan mengantar saya pulang sampe rumah, baru saya bersedia. hihihihihi.......

Akhirnya kami makan malam bareng, berdua. Saya senang bertemu teman saya ini. Biar cuma berdua pasti kami ramai. Saya suka ngobrol, dia juga. Bercanda, ketawa sampe curhat. Akhirnya sampailah kita disubject : sebel lebaran. Hmmm... ada apa gerangan??

Dia sebel kalau lebaran, ketemu orangtua, ketemu tante. om, uwak, sepupu yang selalu saja menanyakan pertanyaan yang sama " kapan nikah? ". Makanya dia males.

" Kenapa sih ga nanya sesuatu yang lain? tanya kek soal kerjaan gue, tanya soal karir gue, tanya soal kenapa minimal setahun gue dua kali dikirim ke eropa buat training, tanya soal rumah yang lagi gue cicil, tanya soal S2 gue yang akhirnya selesai juga, tanya soal yang lain. Jangan cuma nanya, kapan gue nikah doang " demikian katanya jutek.

Saya baru tersadar, oiya.... [maaf] teman saya gay. Pantas dia sebal ditanyain soal pernikahan. Pantas dia marah kalau ada yang menawarkan untuk menjodohkannya dengan seorang perempuan.

Gara-gara cerita dia , saya jadi mikir. Emang sih Lebaran adalah momen dimana kita pasti bertemu dan berkumpul dengan seluruh keluarga besar. Saya pun juga kadang jadi ilfeel kalo lagi suasana lebaran yang ceria [halaah ... bahasanya] tiba-tiba ada yang nanya " udah hamil belum? kok belum hamil juga? si anu aja anaknya udah 3 padahal kan nikahnya ampir barengan sama kamu " atau pertanyaaan-pertanyaan lain yang menjurus ke soal hamil.

Seperti yang saya udah bilang, bagi saya yang sudah menikah 6 tahun lebih tapi belum dikaruniai anak. Pertanyaan seperti itu terasa tajam bagai sembilu. Dan saya ga tahu mesti menjawab gimana kalau ada yang nanya " kok belum hamil-hamil juga? ".
Bukannya urusan hamil itu urusan Tuhan? Saya pastinya tidak bisa menjawab pertanyaan itu. Toh, walopun saya udah pake segala macam gaya, udah berdoa abis-abisan, udah berobat kesana-kemari tapi Tuhan memang belum memberi gimana???
Mbok yaaaa........... lagi Lebaran gitu, jangan ngurangin kegembiraan saya ngerayain hari kemenangan dengan nanyain pertanyaan tersebut!!! Ntar-ntar aja hari lain nanyanya!!!!

Toh masih banyak hal lain yang bisa diketahui dari saya selain soal kehamilan. Apalagi tidak semua keluarga besar bertemu tiap hari.

Trus saya dan teman-teman saya berpandangan. Dosa ga sih kalau kita bilang, kita sebel lebaran kalo ketemu sama orang yang ganggu kita ngerayain lebaran?
Saya dan teman saya senang senang dengan lebaran, senang dengan suasananya, senang dengan ngumpul-ngumpulnya, senang dengan makanan yang melimpah ruah. Tapi MALES KETEMU SAMA MAKHLUK YANG COMEL YANG NGERUSAK MOOD LEBARAN KITA!!!!

Artinya saya dan teman saya punya masalah yang sama meski 'isi masalah'nya berbeda!!!

PS : Saya ga mau ngomongin soal ke-gay-an teman saya. Saya tidak mau berkomentar soal dosa-tidaknya teman saya itu dengan pilihan hidupnya. Saya sayang dia. TITIK!!




No comments: