Wednesday, August 20, 2008

Indonesia oh Indonesia

Selamat Ulang Tahun Indonesia!!!!

Indonesia sudah semakin tua, semoga makin bahagia, bukan derita.

Sekilas soal Indonesia 1 minggu terakhir dimata saya.

Gara-gara ngeliat kelangkaan solar dan BBM, demo buruh sampai guru didepan kantor DPRD setempat. Ada yang nanya " pemda itu kerjanya apa sih? ". Saat semua pada ngangkat bahu, tiba-tiba ada seorang yang nyeletuk " bokapnya temen yang kerja di pemda tajir abis tuh!! ". Ga nyambung memang, tapi......

Suatu ketika ga sengaja saya ngeliat orang ngumpul rame-rame. Sementara teman ngeliat mendekat, saya milih beli makanan dipinggir jalan. Saat teman kembali, dan bercerita pada saya langsung saya ilfeel. Teman bilang begini " dua pemulung berantem, ngerebutin gelas aqua, soalnya mereka mulungin gelas plastiknya ". Sedih ga sih? sementara kita minum lalu buang, disana ada yang pukul-pukulan demi gelas plastik bekas!

Saat saya ngeliat pengemis tua yang mengemis atau anak-anak kecil (sebaya keponakan saya) yang menjadi pedagang koran saat liburan. Sementara keponakan saya? asyik-asyik main PS2 dikamar ber AC sambil ngemil coklat atau sereal!!!

Tapi disisi lain......

Ada pejabat yang terima duit ratusan juta sampai milyaran untuk dana ini-itu yang ga jelas. Begitu ketahuan, langsung berkilah. Ada wakil rakyat sampe petugas kejaksaan yang korupsi milyaran. D'uh.....
Bencana datang silih berganti menerjang Indonesia.

Satu hal yang bikin saya ga tahan di hut RI.
Bukaaaann..... bukan karena di RT saya perlombaan anak-anaknya ga seseru RT lain. Bukan itu.
Paling tidak tahan nonton berita TVyang ngebahas soal para pahlawan yang masih hidup hingga saat ini (mereka sudah sangat tua sekarang). Tapi hidup dalam masa tua yang miskin.
Ajudan Jend. Sudirman jadi tukang sapu dipasar bahkan sesekali jadi satpam. Atau sepasang mantan pejuang berusia lanjut yang terpaksa menjadi pengemis untuk mendapatkan makanan. Padahal saat salah satu TV swasta mendatangi rumah mereka yang tidak pantas disebut rumah. Dirumah tersebut tergantung sertifikat dan piagam penghargaan dari pemerintah... tapi tidak bisa menjamin mereka hidup layak dihari tua.


No comments: