Saturday, March 7, 2009

pajak

sudah sejak akhir Februari kemarin, bagian pajak dikantor saya 'teriak-teriak' mengingatkan kami melaporkan pajak. Demi mempermudah, dia bahkan membuatkan template dan memberikan petunjuk pengisiam form 1770 tsb.
Dasarnya saya emang ga biasa sama urusan beginian, dan tahun ini adalah pertamakalinya saya punya NPWP maka saya harus melakukannya.
Walaupun ditangan saya sudah memegang alamat lengkap kantor pajak dan sehari sebelumnya (Jumat) saya sudah menelpon kantor pajak tersebut dan dilayani dengan 'tidak ramah'. Maka di Sabtu pagi, saya berangkat pagi-pagi ke kantor pajak tersebut.

Setelah nyasar-nyasar kesana-kemari (jujur, saya dan hubby buta wilayah serpong) akhirnya sampai juga dikantor Pratama Serpong. Awalnya saya dan hubby dengan percaya diri masuk kedalam gedung kantor pajak tersebut dan melihat sebuah aula besar. Kami berpikir " disini tempatnya ". Lalu kami kebingungan didepan mesin ambil nomor. Karena bertuliskan servis-servis kantor pajak tsb yang tidak kami mengerti. Setelah tekan-menekan tombol yang berakibat keluarnya dua nomor, barulah seorang satpam mendatangi kami dan meminta kami kelantai 2 karena disanalah tempat pelaporan pajak yang harus saya lakukan. Dengan senyum-senyum, saya meminta maaf dan memberikan dua kertas nomor yang tadi sudah keluar akibat kami pencet mesin nomornya.

Dilantai dua, tidak ramai seperti dilantai satu. Tidak sampai 5 menit menunggu, saya sudah duduk didepan petugas pajak. Untungnya sebelum berangkat kekantor pajak, semua dokumen sudah saya fotocopy. Cuma butuh waktu 1 menit, prosesnya selesai dan petugasnya mengucapkan " yak! sudah selesai bu " sambil memberikan selembar bukti tanda terima. Sampai saya kaget dan cuma bilang " HEH? udah selesai? ".
Saya kira, saya masih harus tulis-tulis dokumen, tanda tangan atau apalah. Tapi si bapak petugas pajaknya bilang " untung ibu sudah mempersiapkan semua dokumennya dengan baik, jadi prosesnya cepat ".

Urusan pajak selesai, saya lega. Soalnya saya masih ingat, seminggu ini saya bingung mengisi form-formnya sehingga saya sampai meminta orang bagian pajak dikantor saya memberikan 'kelas terbuka' soal pengisian form tsb. Selesai proses tsb, mobil diarahkan hubby ke Jakarta, ada hal lain yang harus kami urus hari ini.

PS : Mas Gusdi, akhirnya aku udah lapor pajak, maafnya kalo aku cerewet minggu kemarin:-))

1 comment:

Dian Manginta said...

Hello,

Aku juga lega baru menunaikan tugas negara. Aku buat artikelnya, Rame-rame Melapor Pajak, di sini.

Thanks,
D-