Monday, March 23, 2009

Puding Roti Kukus

Setelah ribuan kali (hiperbola!!) ngintip resepnya di internet, akhirnya saya bisa juga bikin. Gara-gara ngeliat beberapa lembar roti tawar yang saya beli waktu hubby sakit kemarin. Trus intip-intip dapur. Ada apa aja yaa...
Begitu sadar semua bahannya saya punya, langsung deh bikin. 45 menit kemudian, Puding Roti Kukusnya udah terhidang dimeja makan. Dan malam minggu saya habiskan menonton film sambil ngemilin puding roti kukusnya.

Bahan (ukurannya pake perasaan aja)
Roti tawar, buang kulitnya lalu sobek-sobek
mentega dicairkan
Susu cair
2 butir telur kocok lepas
gula pasir kocok bersama telur
terigu secukupnya
kismis
vanili

Cara
Roti tawar disobek lalu direndam dengan susu cair (supaya hancur), masukkan mentega cair, telur, vanili dan gula aduk rata. Tambahkan tepung terigu dan kismis. Kukus dipyrex yang sudah dilapisi mentega selama 30 menit.

Note :
Adonan jangan terlalu encer atau kental. Kalau encer, ngukus harus agak lama supaya keras. Kalau kelewat kental puding rotinya jadi agak keras (ini yang terjadi sama saya kemarin). Jadi kalau mau nambahin terigu disesuaikan dengan kondisi adonan. Bagian tutup dari pengukusnya dilapisi kain bersih supaya uap air kukusan tidak jatuh kedalam puding rotinya. Kalau ga ada kismis boleh diganti dengan mesis coklat.

No comments: